Bagaimana Cara Memilih Hand Sanitizer Terbaik?

Bagaimana Cara Memilih Hand Sanitizer Terbaik?

Hand sanitizer terbaik merupakan salah satu produk antiseptik yang bisa digunakan oleh masyarakat. Hand sanitizer bisa digunakan untuk membersihkan tangan dari beberapa bakteri yang bisa menyebabkan penyakit pada manusia atau dengan kata lain sebagai agen antibakteri. Biasanya, hand sanitizer digunakan ketika tidak ada sabun dan air yang digunakan untuk mencuci tangan. Secara umum, hand sanitizer tersedia dalam beberapa bentuk seperti gel, cairan atau liquid dan busa. Selain itu, hand sanitizer juga dibedakan menjadi dua jenis yaitu alcohol based dan alcohol free. Produk hand sanitizer dengan tipe alcohol based dibuat dari beberapa jenis alkohol sebagai bahan aktif utama. Umumnya, jenis alkohol yang digunakan adalah ethanol, isopropanol, dan n-propanol dengan konsentrasi sekitar 65 – 90%. Sedangkan hand sanitizer dengan tipe alcohol free dibuat dari beberapa zat aktif seperti benzalkonium chloride dan triclosan. Produk hand sanitizer yang dijual di pasaran biasanya menggunakan tipe alcohol based dengan konsentrasi sekitar 70 – 80%. Selain itu, ada beberapa zat kimia lain yang juga ditambahkan yaitu hidrogen peroksida, gliseril, dan parfum. Sehingga, bau yang dihasilkan oleh hand sanitizer tidak terlalu menyengat. 

Bagaimana Cara Memilih Hand Sanitizer Terbaik?

Untuk mendapatkan hasil maksimal, masyarakat harus bisa memilih mana produk hand sanitizer yang berkualitas dan mana yang tidak. Hand sanitizer yang efektif sebagai anti bakteri terutama alcohol based harus memiliki konsentrasi alkohol minimal 65%. Jika konsentrasi alkohol di bawah 65%, maka hand sanitizer tersebut tidak akan efektif untuk membunuh kuman. Selain itu, beberapa hand sanitizer yang tidak tersertifikasi juga memiliki beberapa kandungan bahan yang tidak dianjurkan oleh WHO. Oleh karena itu, konsumen harus jeli dalam memilih produk hand sanitizer. Akan lebih baik jika konsumen memilih produk hand sanitizer yang memang telah memiliki ijin edar serta terbukti secara klinis. Selain itu, konsumen juga harus memperhatikan bagaimana cara penggunaan hand sanitizer.

Sebelum menggunakan hand sanitizer, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan menggunakan hand sanitizer. Salah satunya adalah reaksi alergi yang mungkin saja terjadi saat menggunakan produk hand sanitizer. Oleh karena itu, pastikan bahwa kulit konsumen tidak memiliki reaksi alergi terutama pada penggunaan hand sanitizer berbasis alkohol. Selain itu, konsumen juga harus menghindari penggunaan hand sanitizer pada area kulit yang terluka baik luka terbuka, iritasi, dll. Selain itu, produk hand sanitizer juga hanya boleh digunakan pada bagian tangan saja. Produk ini tidak boleh digunakan pada bagian lain semisal wajah. Hand sanitizer yang dibuat dengan basis alkohol harus disimpan dalam tempat yang aman dan jauh dari sumber api. Mengapa? Alkohol merupakan salah satu bahan kimia yang reaktif terhadap api. Sehingga, jika hand sanitizer dengan basis alkohol didekatkan dengan sumber api, maka akan menghasilkan percikan api yang bisa mengakibatkan kebakaran. Selain itu, jika saat menggunakan hand sanitizer terjadi reaksi alergi, maka konsumen harus segera dibawa ke dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut. 

Hand sanitizer dapat digunakan dalam berbagai aktivitas. Salah satunya adalah ketika akan makan. Pastikan hand sanitizer telah diusapkan secara sempurna pada seluruh telapak tangan. Kemudian, pastikan hand sanitizer sudah kering sebelum makan. Selain itu, hand sanitizer juga bisa digunakan saat sesudah memegang benda – benda yang ada di tempat umum seperti pintu bus, pintu minimarket, pegangan di jembatan penyeberangan, dll. 

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *